LSPro Sentra Teknologi Polimer

Keluhan dan Banding

Keluhan, Banding dan Perselisihan yang ditangani oleh LSPro-STP meliputi :

  • Keluhan dari pemohon / klien kepada LSPro-STP
  • Keluhan pihak lain kepada LSPro-STP berkaitan dengan klien yang disertifikasi oleh LSPro-STP
  • Naik banding klien terhadap keputusan sertifikasi
  • Perselisihan yang terjadi antara klien atau pihak lain dengan LSPro-STP yang berkaitan dengan sertifikasi.

 

KELUHAN

  • Apabila terjadi keluhan dari klien atau pihak lain terhadap sertifikasi produk, baik menyangkut sistem mutu, prosedur maupun hasil sertifikasi, klien atau pihak lain mengajukan keluhan secara tertulis melalui surat, email atau fax kepada Ka. UOB LSPro-STP.
  • Ka. UOB LSPro-STP menugaskan Ka. Urusan Mutu LSPro-STP untuk melakukan evaluasi keluhan yang meliputi penyelidikan penyebab ketidaksesuaian.
  • Keputusan evaluasi keluhan dituang dalam formulir tindakan perbaikan dan pencegahan keluhan. Efektivitas tindakan perbaikan keluhan dipantau oleh Ka. Urusan Mutu LSPro-STP.
  • Ka. Urusan Administrasi LSPro-STP menyampaikan hasil keputusan penanganan keluhan kepada klien atau pihak lain yang mengajukan keluhan.
  • Apabila klien atau pihak yang mengajukan keluhan tidak dapat menerima keputusan penanganan keluhan dari LSPro-STP, maka dapat mengajukan banding secara tertulis kepada Ka. UOB LSPro-STP.

BANDING

  • Banding terhadap keputusan LSPro-STP yang berkaitan dengan status Sertifikat Produk, akan dipertimbangkan oleh suatu Komite Banding yang dibentuk oleh Komite Sertifikasi Produk.
  • Banding harus dibuat secara tertulis dan ditujukan kepada Ketua LSPro-STP dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak tanggal diterimanya surat pemberitahuan penolakan, pembekuan atau pencabutan Sertifikat Produk dan dilampirkan data dan fakta pendukung yang relevan.
  • Keputusan Komite Banding bersifat final dan mengikat bagi kedua belah pihak.
  • Setelah keputusan terhadap banding dibuat, kedua belah pihak tidak boleh mengajukan klaim untuk mengubah keputusan tersebut kecuali melalui pengadilan yang ditunjuk.
  • Dalam kasus dimana banding disetujui dan Sertifikat Produk diberlakukan kembali, klien yang bersangkutan tidak boleh mengajukan klaim untuk pengembalian biaya atau kerugian lain yang timbul akibat dari pemberitahuan pembekuan atau pencabutan Sertifikat Produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *