LSPro Sentra Teknologi Polimer

Hak dan Kewajiban Pemohon & Klien

 

HAK DAN KEWAJIBAN PEMOHON DAN KLIEN

1. Hak Pemohon

1.1 Mendapatkan uraian rincian yang mutakhir tentang : Kewenangan pengoperasian LSPro-STP, Prosedur Evaluasi dan Proses Sertifikasi.

1.2 Tambahan informasi lain yang diperlukan.

2. Kewajiban Pemohon

2.1 Mengisi dan menandatangani Formulir permohonan.

2.2 Memberikan informasi tentang jenis perusahaan, nama, alamat, dan status hukumnya, definisi produk yangn akan disertifikasi, sistem sertifikasi, dan standar yang akan digunakan untuk produk yang akan diseritifikasi jika pemohon mengetahuinya serta informasi lain yang diperlukan.

2.3 Melakukan persiapan yang diperlukan untuk perlaksanaan evaluasi, termasuk persiapan untuk pemeriksaan dokumen dan akses ke seluruh bidang, rekaman (termasuk llaporan audit internal) dan personel untuk tujuan evaluasi pengambilan contoh asesmen) serta penyelesaian keluhan .

2.4 Mematuhi persyaratan dan ketentuan yang relevan dengan program sertifikasi.

2.5 Menyetujui dan menandatangani kontrak.

2.6 Membayar biaya permohonan dan biaya sertifikasi.

3. Hak Klien

1.1 Menggunakan tanda SNI dan logo LSPro-STP sesuai ruang lingkup yang di tetapkan dan memenuhi ketentuan/ prosedur penggunaan lisensi, sertifikat dan tanda kesesuaian.
1.2 Mengajukan keluhan, banding dan perselisihan terhadap keputusan sertifikat sesuai prosedur yang berlaku.

1.3 Mempublikasikan sertifikasi produknya sesuai kewenangan yang diberikan dan ketentuan yang berlaku.

1.4 Mendapat informasi jika ada perubahan persyaratan sertifikasi dari LSPro-STP.

4. Kewajiban Klien

2.1. Selalu memenuhi kebutuhan yang relevan dengan program sertifikasi
2.2. Mekakukan persiapan yang dilakukan untuk pelaksanaan evaluasi/ survailen, termasuk persiapan dokumen dan akses ke seluruh bidang, rekaman (termasuk laporan audit internal) dan personil untuk tujuan evaluasi(pengujian, verifikasi, asesmen) serta penyelesaian keluhan.

2.3. Membuat pernyataan bahwa sertifikasi sesuai dengan ruang lingkup sertifikasi yang sudah diberikan.

2.4. Menjamin bahwa produknya selalu memenuhi persyaratan sertifikasi.

2.5. Tidak menggunakan sertifikasi produknya sedemikian rupa sehingga mengurangi wibawa LSPro-STP dan tidak membuat pernyataan yang menyesatkan atau tidak sah berkaitan dengan sertifikasi produk.

2.6. Menghentikan pengguna semua iklan yang mengacu pada sertifikasi dan mengembalikan dokumen sertifikasi sesuai persyaratan LSPro-STP apabila ada penundaan atau pencabutan sertifikat, serta berusaha agar tidak ada produk yang di sertifikasi beredar di pasaran, produk yang disertifikasi dan secara potensial memiliki kerusakan, harus dilakukan tindakan perbaikan dan bila mungkin termasuk produk yang ditarik kembali.

2.7. Menggunakan sertifikasi hanya untuk menunjukan bahwa produk telah disertifikasi sesuai dengan standar yang ditetapkan.

2.8. Berusaha menjamin bahwa tidak ada sertifikat atau laporan atau bagiannya disalahgunakan.

2.9. Mematuhi persyaratan LSPro-STP dalam membuat acuan mengenai sertifikasi produk di media komunikasi seperti dokumen, brosur atau iklan.

2.10. Menyimpan rekaman semua keluhan/ pengaduan terhadap klien dan mengambil tindakan penyelesaian serta mendokumentasikan semua tindakan yang diambiil hatus tersedia bila diminta oleh LSPro-STP.

2.11. Segera memberitahukan kepada LSPro-STP jika ada modifikasi produk, proses manufaktur, kepemilikan atau bila relevan sistem mutu yang mempengaruhi kesesuaian produk
2.12. Melaksanakan penyesuaian seperlunya jika ada perubahan persyaratan sertifikasi dalam waktu tertentu.

2.13. Memberikan izin kepada LSPro-STP untuk memberikan informasi kepada pihak ketiga jika disyaratkan oleh perundang undangan tanpa izin tertulis dari klien, namun klien diberitahu. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *